Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha | Niat Sholat Dhuha Lengkap Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha | Niat Sholat Dhuha Lengkap Latin Dan Artinya - Bagi teman-teman yang baru belajar merutinkan untuk melaksanakan sholat sunnah di pagi hari (sholat dhuha) namun masih belum tahu apa bacaan doa sesudah sholat dhuha yang benar, dan disini kalian bisa melihat dan mengetahui lafadz bacaan doa setelah sholat dhuha lengkap dengan latin beserta artinya.

Sholat dhuha ini termasuk sholat awwabin, lalu apa yang dimaksud dengan awwabin? Adalah orang-orang yang kembali taat, jadi apabila kalian melaksanakan sholat dhuha maka anda termasuk orang yang kembali taat kepada Alloh SWT, hal tersebut sesuai hadist Dari Abu Hurairah R.A bahwa Nabi Muhammad telah bersabda:

لا يحافظ على صلاة الضحى إلا أواب، وهي صلاة الأوابين

Artinya : Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin. (HR. Ibnu Khuzaimah, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib 1: 164)

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha | Niat Sholat Dhuha Lengkap Latin Dan Artinya

Selain itu sholat dhuha juga menjadi salah satu kunci kesuksesan dan pembuka rezeki, jika kalian secara rutin melakukan sholat di awal siang atau pas waktu dhuha dengan ikhlas dan lillah, maka Alloh SWT akan membalas dengan kebaikan untukmu dan akan dicukupi segala urusanmu, sesuai hadist yang berbunyi:

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya : Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang. (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Mungkin untuk bacaan niat sholat dhuha kalian sudah pada tahu semuanya, karena bacaan niatnya hampir sama dengan niat shalat sunnah pada umumnya, cuma saja diganti sholat khususnya dengan lafadz Adh-Dhuha, atau lihat saja lafadz niatnya dibawah berikut;

Niat Sholat Dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah Ta'ala

Dan untuk bacaan doa sholat dhuha yang biasa dibacakan setelah sholatnya selesai bisa dihafalkan dan dibacakan sesudah sholat dhuha, dan tulisan ini sengaja kami lengkapi dengan bahasa arab lengkap latin dan artinya:

Doa Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Semoga artikel sederhana kami diatas bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk baca juga artikel lain dengan bahasan tentang bacaan doa, niat dan tata cara dalam islam seperti doa tahajud, niat puasa dan banyak lagi lainnya.

Advertisement