Lafadz Doa Niat Puasa Arafah & Tarwiyah Sebelum Idul Adha 9 8 Dzulhijjah 2017

Advertisement
Advertisement
Lafadz Doa Niat Puasa Arafah & Tarwiyah Sebelum Idul Adha 9 8 Dzulhijjah 2017 - Sebagai umat islam kita harus mengetahui macam-mcam puasa sunnah yang biasa dilakukan oleh orang-orang shaleh terdahulu, selain puasa senin kamis atau puasa dibulan syawal masih ada lagi jenis puasa sunat seperti puasa dibulan dzulhijjah yang biasa disebut dengan puasa sebelum idul adha yakni dimulai dari tanggal 1-9 sebelum hari idul adha.

Mungkin teman-teman masih ada yang belum pernah melakukan puasa sunnah dibulan dzulhijjah dikarenakan belum tahu apa manfaat dan keutamaan puasa di bulan tersebut terutama pada hari ke-9 yang disebut dengan puasa arafah. Untuk itu terus baca artikel ini hingga selesai jika ingin tahu manfaat bagi orang yang berpuasa dihari tarwiyah dan arafah.

Yang namanya sunnah sudah pasti diberi pahala bagi orang yang melakukannya dan tidak mendapatkan siksa bagi yang meninggalkan, selain itu puasa arafah diberi pangkat sunnah muakkad yang berarti sunnah yang sangat dianjurkan (ditekadkan). Untuk manfaat dan hikmah puasa arafah adalah sebagai berikut:

Hikmah Puasa Arafah Sebelum Idul Adha
  • Dapat Menghapuskan Dosa Selama Dua Tahun yakni setahun sebelum dan setahun yang akan datang
  • Pembebasan Dari Siksa Api Neraka
  • Syariat kita berpuasa dihari arafah dapat Terkabulnya Doa

Dalam sebuah hadist dijelaskan yang artinya "Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya.” (HR. Muslim).

Untuk itu mari kita sama-sama menjalankan ibadah puasa di hari arafah yakni puasa sunnah sebelum idul adha, dan jika kalian belum tahu bacaan niatnya bisa dilihat niat puasa arafah selengkapnya dibawah berikut ini:

Niat Puasa Sunah sebelum idul adha dari Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah
NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Tarwiyah sebelum idul adha Tanggal 8 Dzulhijjah
NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha Tanggal 9 Dzulhijjah
NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Untuk bacaan doa berbuka puasa dihari arafah baca saja doa buka puasa seperti halnya kita mengerjakan puasa dibulan suci ramadhan, Semoga saja artikel sederhana yang telah kami buat dapat bermanfaat bagi semuanya, dan mohon maaf jika ada kesalahan baik dari cara penulisan maupun penjelasan yang telah kami sampaikan diatas, terimakasih!!

Advertisement